Thursday, August 24, 2006

2nd Day - PROBABILITY THEORY



Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih (Yesaya 44: 2)



Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari suatu ledakan sangat besar pada suatu saat di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar


Big Bang (bahasa Indonesia: "Dentuman Besar") dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini terbentuk dari ledakan mahadahsyat yang terjadi sekitar 13.700 juta tahun lalu. Ledakan ini melontarkan materi dalam jumlah sangat besar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi ini kemudian yang kemudian mengisi alam semesta ini dalam bentuk bintang, planet, debu kosmis, asteroid/meteor, energi, dan partikel lainnya dialam semesta ini.


Para ilmuwan juga percaya bawa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.


Thats what science say.


Mari kita bicara tentang probability Theory (teory kemungkinan), bila melihat big bang theory di atas maka terdapat beberapa kemungkinan kebenaran theory tersebut :





Kemungkinan 1 : merupakan cara yang di pakai Allah dalam menciptakan alam semesta (universe).


Allah merencanakan sebegitu detail dan semua merupakan bagian dari rencanaNya yang penuh Kasih. Pekerjaan Allah karena Kasih Nya untuk mempersiapkan segala sesuatunya bagi manusia.


Sebab beginilah firman TUHAN, yang menciptakan langit, --Dialah Allah--yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, --dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami--:"Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain. (Yesaya 45-18)

Kemungkinan ke 2 : Teori tersebut merupakan "hipotesa" sementara yang masih di anut oleh manusia saat ini.

Seperti kita tahu bahwa Science selalu berubah ubah, dahulu kita mengenal garis sejajar dalam matematika di definisikan sbb: yaitu dua buah garis yang apabila di perpanjang tidak akan pernah beprotongan, tapi saat ini definisi garis sejajar berubah menjadi dua buah garis yang apabila kita perpanjang akan bertemu di titik tidak terhingga.

Contoh lain adalah kita begitu banyak mengenal teory struktur atom yang berubah ubah sesuai dengan kemajuan teknologi penelitian, mulai teori kismis, niels bohr, dan rutherford


Dari percobaan yang diilhami teori James Rainwater dan diadakan dalam kolaborasi dengan Benjamin Mottelson di awal 1950-an, Bohr menemukan bahwa gerakan partikel subatom dapat mengubah bentuk nukleus, jadi menggugurkan teori yang diterima luas bahwa seluruh inti atom secara sempurna berbentuk bola. Penemuan itu penting untuk pengertian dan pengembangan penggabungan nuklir. Tulisan Bohr termasuk Rotational States of Atomic Nuclei (1954) dan Nuclear Structure, 2 jilid. (1969, 1975).



Hal ini menunjukan bahwa tingkat peradaban manusia mampu merubah teori fundamental science menjadi lebih terperinci atau berubah sama sekali.Tapi Hukum ALLAH tidak akan pernah berubah. Kebesaran Allah tidak pernah tergantikan.


Mungkin saja Bigbang Theory, Gravitasi newton, merupakan rancangan Allah yang telah disiapkan Allah sebelum manusia ada, dan Allah memilih Newton, N. bohr, Einstein dan manusia - manusia lainnya untuk menjelaskan sebagian kecil mekanisme penciptaanNya, pada umat manusia.


Mari kita melakukan percobaan yang berdasarkan hukum Bigbang Theory


Kita ambil sebuah jam weker. kita bongkar jam tersebut menjadi bagian bagian yang terpisah setiap elemennya, kita masukkan elemen2 tadi kedalam mesin cuci yang kita asumsikan bertenaga nuklir sehingga dapat beketja ribuan tahun.Pertanyaannya ; berapa besar kemungkinan jam weker tesebut kembali tersusun ? Utuh di dalam mesin cuci yang terus bekerja.


Allah bekerja dengan Maha Sempurna dan Maha detail, Maha Presisi, Allah mengetahui hal hal apa saja yang di perlukan untuk menciptakan planet ini agar dapat di tinggali manusia.


Allah menciptakan suatu gaya yang menjaga jarak antara bumi dan matahari.


Dari terori Probabilitas tersebut kita mencapai suatu kesimpulan bahwa kita adalah bagian dari Maha Rencana besarNya.


Kelahiran kita bukan suatu ketidak sengajaan, Jauh sebelum kita ada dalam benak orang tua kita, Dia memikirkan kita terlebih dahulu. Kita bernafas saat ini bukan karena kesempatan, bukan karena keberuntungan, bukan karena kebetulan, tapi karena Allah ingin kita ada saat ini.


Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.( Yakobus 1:18)


Allah merancang setiap bagian tubuh kita. Dia dengan terencana memilh ras kita, warna kulit kita, dan setiap karakteristik lainnya. Allah menentukan talenta talenta alami yang kita miliki, keunikan dan kepribadian kita


139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. (Mazmur 139 : 13-16)



Mengapa Allah melakukan semua ini?


Mengapa Allah "bersusah payah" menciptakan alam semesta bagi kita?


tidak ada probabilitas untuk pertanyaan di atas. hanya ada satu jawaban yaitu ; Karena Dia adalah Allah Yang Kasih, jenis kasih yang tidak mudah di pahami, tetapi benar benar bisa di percayai.Kita di ciptakan sebagai sasaran khusus kasih dari Allah



Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. (1 Yoh 4-8)



ayat di atas tidak berkata Allah memiliki Kasih. Dia adalah kasih !! Kasih adalah hakikat karakter Allah. Ada kasih yang sempurna dalam persekutuan trinitas, jadi Allah tidak "perlu" menciptakan kita. Tapi Dia menciptakan kita untuk menyatakan KasihNya.


Dia berfirman :



"Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim.Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu." (YESAYA 46:3-4)



Allah menjadikan kita untuk suatu alsan dan kehidupan kita memiliki makna yang luar biasa. Kita akan menemukan makna dan tujuan tersebut hanya apabila kita menkadikan Allah pokok acuan kehidupan kita.Satu satunya cara yang tepat untuk memahami diri kita adalah melaluikeberadaan Allah dan apa yang dia kerjakan bagi kita.




Earth, 24 Agustus 2006


thanks to the family for the inspiration


Novalina, Noviyanti, Ariesta, and Efrata.


Jesus Bless You All.

1 comment:

Novi Sitepu said...

Finally....

I found " Mitra Keluarga"

solid "Mitra Keluarga".....

hehehe.........